Salam Pramuka !!!
Selamat Datang Di Web Pramuka
Ambalan Sudirman dan Cut Nyak Dien
Gugus Depan Wajo 13.079-13.080
SMK Negeri 1 Sengkang

Thursday 29 May 2014

Naskah pelantikan penegak

Pembina :    Sebelum Saya Menyatakan BeRsedia Melantiknya, Saya Akan Mengajukan Beberapa Pertanyaan Yang Diharapkan Adik Menjawabnya Dengan Tegas,
Pertanyaan Pertama ;
Apakah Yang Adinda Perhadapkan Ini Benar Telah Memenuhi Persyaratan Untuk Dilantik, Sehingga Adik Berani Memberikan Keterangan Kepada Saya Sebagaimana Laporan Adinda ?
Jawaban Apit Kanan Dan Kiri...................


Pertanyaan Kedua ;
Mana Kala Dikemudian Hari Ternyata Yang Adik Prhadapkan Ini Melanggar Kode Etik Gerakan Pramuka Yaitu Try Satya Dan Dasa Darma Dalam Artian Tidak Sesuai Dengan Laporan Adinda, Apakah Adik Bersedia Menanggungnya ?
Jawaban Apit Kanan Dan Kiri...................
Pertanyaan Ketiga ;
Kalau Memang Benar Adik Bersedia Menggungnya Supaya Dasar Kakak Kuat Untuk Melantiknya, Apa Yang Jadi Taruhannya ?
Jawaban Apit Kanan Dan Kiri...........................
Terimah Kasih Atas Jawaban Dan Kesediaan Adik,
Laporan Adik Saya Terimah Dan Kakak Besedia Melantiknya Namun, Terlebih Dahulu Kakak Mengajukan Pertanyaan Kepada Mereka. Olehnya Itu, Lepaskanlah Calonmu Biarkan Mereka Yang Berhadapan Langsung Dengan Saya. Silahkan Mundur Satu Langkah Ke Belakang, Kerjakan …!!!
 

Pembina :         Adinda/Adik-Adik Calon ……………………………… Kamu Telah Mendengar Jawaban Kakakmu Tadi, Mereka/ Dia Telah Menjawab Pertanyaan Saya Dengan Tegas Penuh Rasa Tanggungjawab Dan Berani Mempertaruhkan ………………………………… Demi Melihat Keberhasilanmu Untuk Dilantik, Hal Tersebut Ia Lakukan Sebagai Wujud Kecintaan Terhdap Adiknya. Olehnya Itu Kalian/ Kamu Patut Berterimah Kasih Kepadanya, Kamu Harus Hargai Kakakmu Karena Ia Pun Sangat Menyayangimu.
Adinda/ Adik-Adik Calon …………………………………………………, Sebelum Kakak Melantikmu Saya Akan Mengajukan Beberapa Pertanyaan Yang Diharapkan Adik Menjawabnya Dengan Tegas Disaksikan Oleh Allah Swt Dan Kita Semua Yang Hadir Pada Upacara Ini.
Pertanyaan Pertama ;
Bersediakah Adik Saya Lantik Pada Hari Ini ?
Jawaban Dari Yang Mau Dilantik...................
Bagi Yang Belum Bersedia Dan Tidak Sanggup Mengungkapkannya, Kakak Pesilahkan Mundur Satu Langkah  Kebelakang, Silahkan Mundur Bagi Yang Belum Bersedia Dilantik Hari Ini, Silahkan !!!
(Sebelum Lanjutkan Pertanyaan Ulangi Satu Kali Lagi)
Kalau Tidak Ada Kakak Lanjutkan Pertanyaan Berikutnya.
 Pertanyaan Kedua ;
Sanggupkah Adik Mengamalkan Dasa Dharma Gerakan Pramuka Dan Mempertahankan Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan  Ideologi  Nasional Pancasila Dan Undang – Undang Dasar 1945 ?

Jawaban Dari Yang Mau Dilantik...................
Pertanyaan Ketiga ;
Sanggupkah Adik Menjaga Nama Baik Diri Sendiri, Keluarga Dan Gugusdepan Kita ?
Pertanyaan Keempat ;
Besediakah Adik Senantiasa Mematuhi Aturan Sekolah, Gugusdepan Yang Telah Ditetapkan ?
Jawaban Dari Yang Mau Dilantik....................
Terimah Kasih Atas Jawaban Adinda. Jadi, Manakala Dikemudian Hari Adik Telah  Melanggar  Apa Yang Baru Saja Adik Sanggupi, Kakak Tidak Akan Segan Memberikan Sanksi Kepada Adinda Yaitu Mencabut Kembali Tanda Kecakapannya, Tolong Adik Ingat Baik-Baik.
Baik Adinda Calon ……………………………………………….., Sebelum Adik Dilantik, Kakak Inginkan Segala Pikiran Dan Niat Buruk Serta Tingkah Laku Yang Tidak Baik Yakni Segala Hal Yang Bertentangan Dengan Kode Etik Gerakan Pramuka Ditiadakan, Dalam Artian Adik Harus Bersih. Olehnya Itu, Dihadapan Adinda Ada Air Bersih Dan Kertas Putih,  Maka Cucilah Tanganmu Kemudian Basuhlah Mukamu Dengan Air Tersebut Yang Mendadakan Bahwa Mulai Hari Ini Setelah Adik Dilantik Tidak Akan Melakukan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Kode Etik Gerakan Pramuka,  Dan Besikanlah Dengan Kertas Putih. Lalu Lemparkanlah Kertas Tersebut Jauh-Jauh  Kebelakang Tanpa Menoleh, Sebagaimana Simbol Bahwa Segala Perbuatan Buruk Dan Niat Yang Tidak Baik Adik Telah Membuangnya Jauh-Jauh Dan Tidak Akan Mengulanginya Lagi, Kini Adik Telah Mulai Lembaran Baru Sebagaimana Dasa Dharma Kesepuluh Yaitu Suci Dalam Pikiran, Perkataan Dan Perbuatan, Kemudian Sebelum Adik Mengucapkan Janji Pramuka Saya Persilahkan Berdoa Memohon Petunjuk Dan Kekuatan Dari Allah Swt Agar Janji Yang Akan Adik Ucapkan Nanti Mendapat Rahmat Dan Karunianya….,
Saya Persilahkan………………..
(Doa Selesai)
Tampilkan Sang Merah Putih
Peganglah Sang Merah Putih Dengan Tangan Kananmu Dan Letakkan Pada Denyut Jantung Adinda, Dan Dengan Sikap Demikian Bermakna Bahwa Selama Jantung Adinda Masih Berjalan Selam Itu Pula Adinda Ingat Akan Janji Dan Kewajibannya Terhadap Tuhan, Bangsa Dan Negara.
( Kepada Adik Peserta Upacara Yang Belum Perna Dilantik Silahkan Mundur Satu Langkah )
Ikuti Saya,
Try Satya
Demi Kehormatanku,  Aku Berjanji Akan Bersungguh-Sungguh :
Ø  Menjalankan Kewajibanku Terhadap Tuhan  Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Dan Menjalankan Pancasila,
Ø  Menolong Sesama Hidup Dan Ikut Serta  Membangun Masyarakat,
Ø  Menepati  Dasa Dharma.
Adinda Lepaslah Sang Merah Putih,
Simpan Sang Merah Putih

Berdasarkan Pengakuan Dan Persetujuan Adinda,
Serta Kerja Keras, Perjuangan Adinda Yang Menandai Kerajinan, Kapatuhan Selama Mengikuti Pelatihan, Kakak Pun Melihat  Sudah Ada Perubahan Yang Baik Pada Adik. Maka, Pada Hari Ini ……………, Tanggal………………………………. Pukul ………………Wita, Dengan Mengharap Ridho Allah Swt Adinda Calon …………………………………Saya Lantik Menjadi……………………………… Dengan Mengucapkan Alhamdulillah.
Selamat Atas Pelatikan Adinda !!!!!!

0 comments:

Post a Comment


web stats